Definisi Pertanian


Negara kita terkenal dengan sebutan sebagai Negara Agraris bahkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto pernah dijuluki dengan sebutan negara Macan Asia karena kekuatan Pertanian dengan Swasembada Pangannya. Namun apakah anda tahu pengertian dari Pertanian itu sendiri? Banyak pakar ilmuan terutama di bidang pertanian dalam mendefinisikan kata “Pertanian” itu sendiri baik secara arti sempit maupun dalam arti luas. Kali ini saya merangkum beberapa pengertian pertanian dari berbagai sumber yang mungkin anda bisa simpulkan sendiri apa itu “PERTANIAN”.

Berdasarkan situs artikel No.1 Dunia yaitu Wikipedia, menjelaskan Pertanian sebagai “kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya”.

Berdasarkan Khaerul Muslim, Pertanian dalam arti sempit diartikan sebagai kegiatan bercocok tanam, namun dalam arti luas diartikan sebagai proses menghasilkan bahan pangan, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya tumbuhan dan hewan.

Adapula yang mendefinisikan pertanian sebagai berikut: Arti Sempit: pertanian adalah pengelolaan tanaman dan lingkungannya agar memberikan suatu produk. Arti Luas : pertanian adalah pengelolaan tanaman, hewan dan ikan serta lingkungannya agar memberikan suatu produk.

Banyak sekali yang mendefinisikan pengertian dari kata Pertanian, namun pada intinya adalah pertanian itu sebagai proses menghasilkan suatu produk dengan memanfaatkan makhluk hidup atau alam untuk kepentingan manusia. Silahkan anda simpulkan sendiri pendapat anda mengenai arti pertanian.

Sumber

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: