Inter Personal Skill


Inter Personal Skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, baik dalam berkomunikasi verbal maupun non verbal dengan tujuan untuk pengembangan kerja secara optimal.

Interpersonal  Skill seseorang tercermin dari :
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Membangun hubungan baik
  • Kemampuan memotivasi
  • Kemampuan kepemimpinan
  • Kemampuan memasarkan diri sendiri
  • Kemampuan bernegosiasi
  • Kemampuan berpresentasi
  • Kemampuan berkomunikasi di depan public
Secara garis besar Point penting yang harus  dimengerti dalam interpersonal skill adalah :
  1. Mendengarkan
  2. Memberikan umpan balik
  3. Membujuk
  4. Mengelola konflik.
Secara  skematik  menurut  Stephen P. Robbins,1989 di gambarkan sebagai berikut :
 interpersonal skill
 1. Mendengarkan
Mendengarkan adalah proses menangkap makna dari suara yang kita dengar, bukan hanya sekedar mendengar suara, dan akhirnya dikeluarkan lagi.
Active Vs Passive Listening
Mendengarkan secara pasif, menempatkan diri kita seperti mesin perekam (recorder). Semua kata dimasukkan ke dalam memori (yang penting dan yang tidak), sehingga kita tidak dapat membedakannya. Kita ingat apa yang dikatakannya, tetapi tidak mengerti apa maknanya.

Mendengarkan secara aktif , menuntut kita agar mampu menempatkan diri sebagai pihak yang menyampaikan pesan (empati). Kita harus berkonsentrasi dan mau memahami sepenuhnya isi yang dikemukakan pembicara. Empat tuntutan “mendengarkan secara active “ yakni:

 tuntutan activ listener
Apa sih pentingnya mendengarkan bagi kita? Apakah kita perlu mendengarkan berbagai presentasi orang-orang atau mitra bisnis? Apakah kita perlu mendengarkan orang lain yang khusus berbicara dengan kita tentang sesuatu hal? Apakah kita mendapatkan keuntungan apabila kita meluangkan waktu kita untuk mendengarkan?
Alasan mendengarkan  yakni :
  1. Untuk memahami dan memperoleh informasi
    Orang yang menguasai informasi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukse, baik secara pribadi maupun dalam konteks professional, sebab, di era sekarang, menguasai informasi berarti menguasai sumber daya.
  2. Analisis terhadap kualitas informasi
    Mendengarkan dan mendapatkan informasi lebih banyak akan meningkatkan kualitas pesan yangditerima, kelengkapan data, dan kemampuan mengolah informasi, sehingga simpulan atau analisis terhadap suatu kondisi atau keadaan dapat di ambil.
  3. Membangun dan memelihara hubungan
    Alasan untuk mendengarkan adalah untuk melakukan komunikasi interpersonal. Banyak survai telah membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan efektif/baik, memiliki hubungan yang lebih baiik dengan sesamanya, sebaliknya mereka yang kurang mampu untuk mendengar akan memperburuk hubungan, atau setidaknya tidak dapat membangun hubungan yang lebih baik (Kaufgmann, 1993).
  4. Menolong orang lain
    Kemampuan mendengarkan wajib dimiliki agar dapat memahami oaring lain dan, pada akhirnya, dapat menolong orang lain. Beberapa profesi menjadikan kemampuan mendengarkan sebagai suatu yang wajib dimiliki untuk dapat membantu para klien, misalnya profesi dokter, pengacara , psikolog, guru atau lainnya. Namun tidak terbatas hanya pada para professional, setiap orang dapat juga memberikan bantuan bagi orang lain, karena yang diperlukan hanya kemampuan untuk mendengarkan dengan baik dan efektif.
  5. Memberi umpan balik
Pendengar Yang Efektif
1.    Kontak mata
2.    Anggukan kepala dan ekspresikan wajah penuh perhatian
3.    Cegah gerakan atau tindakan yang berkesan negative
4.    Ajukan pertanyaan
5.    Uraikan apa yang didengar dengan kata-kata sendiri
6.    Hindarkan interupsi atau memotong pembicaraan
7.    Jangan terlalu banyak bicara
1 ) Kontak Mata
Bagaimana perasaan anda ketika melihat orang yang anda ajak bicara tidak memandang anda, melainkan memandang ke tempat lain?. Seperti juga kebanyakan orang lain, anda akan mentafsirkan bahwa orang tersebut mungkin tidak tertarik akan apa yang anda bicarakan. Anda mendengarkan dengan telinga anda, namun orang lain menilai apakah anda mendengarkan atau tidak, dengan melihat mata anda.
2) Anggukkan kepala dan Ekspresikan wajah penuh perhatian
Pendengar yang efektif menaruh minat atas apa yang sedang diucapkan orang lain dengan memberikan tanda “nonverbal”. Menganggukan kepala, mengerutkan wajah, tertawa ketika pembicara mencoba melontarkan humor, menggeser posisi duduk ke arah pembicara, dan lain sebagainya.
3 ) Cegah Tindakan atau Gerakan yang Berkesan negative
Ketika anda sedang mendengarkan pembicaraan orang lain, jangan terlampau sering melihat atau melirik ke arah jam, memainkan pinsil, membuka-buka halaman buku, atau mengerjakan sesuatu yang tidak berkaitan dengan isi pembicaraan. Tindakan-tindakan tersebut mengesankan bahwa anda bosan, atau tidak tertarik pada apa yang sedang diutarakan pembicara.
4)  Ajukan Pertanyaan
Pendengar yang kritis menganalisis apa yang didengarkannya, dan lalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan. Perilaku ini memberikan keyakinan kepada pembicara bahwa anda memang benar-benar mendengarkan.
5)  Uraikan apa yang didengar dengan kata – kata sendiri
Misalnya : “Anda mengatakan …..(kata-kata pembicara) “ “Apakah itu artinya adalah …….. (kata-kata anda sendiri) ?” Ada dua alasan perilaku ini ditampilkan.
Pertama: sebagai tanda bahwa anda memperhatikan baik-baik isi pembicaraan.
Kedua : sebagai tanda bahwa anda ingin jangan sampai salah mentafsirkan kata-kata pembicara.
) Hindarkan menginterupsi atau memotong pembicaraan
Beri kesempatan kepada pembicara untuk menyelesaikan isi pembicaraannya. Setelah itu baru anda boleh mengajukan pertanyaan atau memberikan komentar. Biasakan untuk bersabar mendengarkan pembicaraan orang lain.
2. Memberi umpan balik
Setiap bentuk komunikasi yang disampaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut mengetahui dampak perilakunya terhadap anda atau orang lain.
Beberapa tipe respon dalam mendengarkan, berdasarkan tingkat kualitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Mendengarkan dengan diam
    Banyak alasan untuk tidak mengatakan sesuatu ketika mendengarkan, antara lain, mungkin kita tidak iingin pembicaraan berlanjut atau bosan karena sudah mendengarkan cerita tersebut berulang kali. Pada kondisi seperti di atas, respon terbaik memang diam, karena jika kita memberikan respon verbal, si pembicara akan terdorong untuk melanjutkan ceritanya.
  2. Mengajukan pertanyaan
    Beberapa alasan untuk mengajukan pertanyaan antara lain :

    • Untuk memperjelas makna
    • Untuk mendapatkan konsep, perasaan, keinginan lain
    • Untuk mendorong berbicara lebih lanjut
    • Untuk mendorong pencarian lebih lanjut.
  3. Membuat pertanyaan
    Membuat pernyataan adalah menyatakan kembali pesan yang diterima dengan menggunakan kalimat sendiri. Menyatakan kembali pesan yang kita terima bukan dengan cara mengulang apa yang disampaikan, melainkan dengan menyatakan kembali apa yang kita pikirkan mengenai pesan yang kita terima dengan menggunakan kata-kata sendiri, sebagai cara untuk meyakinkan arti dari pesan yang kita terima.
  4. Menyatakan empati
    Menyatakan empati adalah tipe pemberian umpan balik yang digunakan oleh pendengar untuk menyatakan keberadaannya, menunjukkan perasaan, menyatakan persepsi ataupun perhatian kepada apa yang disampaikan oleh si pemberi pesan.
  5. Memberikan dukungan
    Respon dengan memberikan dukungan adalah menyatakan rasa solidaritas pendengar terhadap situasi yang dihadapi oleh pembicara.
  6. Melakukan analisis
  7. Melakukan evaluasi
  8. Memberikan pendapat
3. Membujuk
Komunikasi tatap muka yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti dengan sukarela kehendak seseorang tadi.
Strategi membujuk
Ada tiga strategi yang umumnya dilakukan dalam membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu.
  1. Kredibilitas (anda bisa dipercaya)
  2. Nalar (isinya masuk akal)
  3. Sentuhan emosional (memunculkan perasaan suka)
Keterampilan membujuk
  1. Bangun kredibilitas
  2. Gunakan pendekatan positif dan bijaksana
  3. Jelaskan dengan baik maksud kita
  4. Sajian bukti yang kuat guna mendukung permintaan kita
  5. Sesuaikan alasan permintaan kita dengan karakteristik orang yang kita bujuk
  6. Perhatikan kepentingan pihak yang sedang kita bujuk
  7. Sentuh aspek emosionalnya
4. Mengelola konflik
Pada dasarnya, konflik terjadi bila dalam satu peristiwa terdapat dua atau lebih pendapat atau tindakan yang dipertimbangkan.
Manfaat dan dampak buruk konflik
Manfaat:
  • Motivasi meningkat
  • Identifikasi masalah/pemecahan meningkat
  • Ikatan kelmpok lebih erat
  • Penyesuaian diri pada kenyataan
  • Pengetahuan.
  • keterampilan meningkat
  • Kreativitas meningkat
  • Membantu upaya mencapai tujuan
  • Mendorong pertumbuhan
Dampak buruk konflik:
  • Produktivitas menurun
  • Kepercayaan merosot
  • Pembentukan kubu-kubu
  • Informasi dirahasiakan dan arus komunikasi berkurang
  • Timbul masalah moral
  • Waktu terbuang sia-sia
  • Proses pengambilan keputusan tertunda
Anggapan-anggapan salah dalam menghadapi konflik:
  • Konflik akan teratasi dengan densirinya bila dibiarkan
  • Konfrontasi dengan sebuah persoalan atau dengan seseorang adalah hal yang tidak menyenangkan
  • Konflik dalam perusahaan menunjukkan pemimpinnya tidak bias memimpin
  • Konflik diantara keryawan menunjukkan mereatidak peduli pada perusahaan
  • Amarah selalu bersifat negative dan merusak
Jenis-jenis konflik:
  • Konflik diri
    Konflik diri adalah gangguan emosi yang terjadi dalam diri seseorang.
  • Konflik antar individu
    Konflik antara dua individu.
  • Konflik antar kelompok dan dalam kelompok
    Konflik dalam kelompok dalah konflik yang terjadi antara individu dalam suatu kelompok (tim, bagian, organisasi, dsb), sedangkan konflik antar kelompok melibatkan lebih dari satu kelompok.
Gaya menghadapi konflik
1. Kronfontatif / agresif /
I win, you lose
2. Asertif / persuasif / kolaborasi
I win, you win
3. Koperatif / konsiliasi.
I lose , you lose
4. Menghindar / akomodasi
 I lose, you win
Manfaat  Interpersonal skill dalam Dunia Kerja
  1. Beberapa ciri utama yakni orang yang mudah merebut peluang
  2. Punya ketajaman intuisi karena seiring melihat ke dalam dirinya (intuitif)
  3. Punya skill berkomunikasi dengan orang lain untuk memperluas jaringan kerja (komunikatif)
  4. Punya motivasi dan gairah untuk yang kuat untuk maju
  5. Punya kecakapan menggunakan dalam bakat yang dimiliki (talented)
  6. Bisa mengolah apa yang lama menjadi baru atau menemukan sesuatu yang baru, ’different and differently’(creative)
  7. Inisiatif, kaya prakasa tentang kemajuan
  8. Punya kesadaran bertanggung jawab yang lebih besar untuk memperbaiki dirinya (sense of responsibility)

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: