Kedelai (Glicine max L. Merill)


syarat tumbuh tanaman kedelai sebagai tanaman palawija

Tanaman Kedelai (Glicine max L. Merill) juga merupakan salah satu dari tanaman yang termasuk family Leguminosa. Tanaman ini merupakan tanaman semusim dapat tumbuh dan cocok pada tanah-tanah alluvial, regosol, grumusol, latosol dan andosol. Pada tanah-tanah podsolik merah kuning dan tanah yang mengandung banyak pasir kwarsa, pertumbuhan kedelai kurang baik, kecuali jika tanah diberi tambahan pupuk organic atau kompos dalam jumlah cukup.

Toleransi kemasaman tanah (pH tanah) bagi kedelai adalah 5,8 – 7,0. Namun, pada pH 4,5 kedelai dapat tumbuh. Pada pH kurang dari 5,5, pertumbuhannya sangat terhambat karena keracunan aluminium. Selain itu, pertumbuhan bakteri bintil dan proses nitrifikasi (proses oksida amoniak menjadi nitrit atau proses pembusukan) akan berjalan kurang baik.

Untuk dapat tumbuh dengan baik, maka tanaman kedelai memerlukan tanah yang mengandung unsur hara yang cukup serta struktur tanah yang remah bebas dari gulma (Sumarno, 1984). Bahan organik yang cukup dalam tanah akan memperbaiki struktur tanah dan juga merupakan sumber makanan bagi jasad renik tanah (Suprapto, 1987). Selanjutnya dinyatakan bahwa pengolahan tanah sebelum ditanami kedelai dapat dilakukan tergantung dari tipe lahan dan kandungan air tanah.

Tanaman kedelai dapat tumbuh baik di daerah yang memiliki curah hujan sekitar 100 – 400 mm/bulan. Untuk mendapatkan hasil optimal, tanaman kedelai membutuhkan curah hujan antara 100 – 200 mm/bulan.

Tanaman kedelai memerlukan P dalam jumlah relative banyak, hara Fosfat diserap tanaman sepanjang masa pertumbuhannya yang berfungsi antara lain untuk merangsang perkembangan akar sehingga tanaman akan lebih tahan terhadap kekeringan, mempercepat masa panen dan menambah nilai gizi dari biji, tetapi periode terbesar penggunaan P dimulai pada masa pembentukan polong sampai kira-kira sepuluh hari sebelum biji berkembang penuh (Suprapto, 1991).

Tinggalkan komentar anda untuk tulisan ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: